TUGAS2_SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

TUGAS 2

NAMA KELOMPOK
Ø ADRIAN SURYO HADINUGROHO (30114354)
Ø IIN PUTRA (35114117)

RIZKI MOBILKU

Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.

Soal

1.     Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?

2.     Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?

Jawaban :

1. Menurut kami, data mereupakan suatu kumpulan sistim-sistim yang akan diolah menjadi sebuah atau sekumpulan informasi yang sangat berguna bagi masyarakat atau pelanggan RizkiMobilku dan yang berkepentingan baik pelanggan maupun karyawan untuk mendukung kinerja karyawan RizkiMobilku. Dari data yang diolah, menjadi bentuk informasi yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja para karyawan RizkiMobilku dan untuk memuaskan para pelanggan yang akan menjadi calon atau bahkan Inshaallah menjadi pembeli setia RizkiMobilku. Informasi merupakan, hal yang sudah diproses dari data yang masih mentah dan kemudian akan berguna bagi pengguna baik karyawan maupun pelanggan RizkiMobilku atau bahkan berguna juga bagi pemilik RizkiMobilku. Tidak hanya bagi karyawan, pelanggan, dan/atau pemilik RizkiMobilku, tetapi juga berguna bagi orang-orang sekitar ataupun masyarakat dan/atau netizen yang mengakses dan/atau mendengar informasi yang telah disediakan oleh RizkiMobilku, baik dari karyawan atau pemilik secara langsung.


2. Dengan memiliki karyawan yang kompetitif dan bersemengat (memiliki niat yang sungguh-sungguh) untuk bekerja di RizkiMobilku agar perusahaan cepat berkembang untuk bersaing di dunia perekonomian. Pemilik yang senantiasa memikirkan karyawannya juga sangat berpengaruh kepada kinerja karyawan untuk memajukan perusahaan sehingga cepat berkembang dan disukai oleh orang-orang yang akan berpotensi tinggi menjadi calon pembeli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

TERAPAN KOMPUTER PERBANKAN #

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode Dalam Suatu Organisasi