TUGAS2_SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
TUGAS 2
NAMA
KELOMPOK
Ø ADRIAN SURYO HADINUGROHO
(30114354)
Ø IIN PUTRA (35114117)
RIZKI MOBILKU
Anda adalah
seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari
kelompok 5 dealer mobil merangkap
bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki
Mobilku, sebuah dealer yang tidak
memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari
masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk
membantu manajemen di dealer tersebut
mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika
Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku,
Anda menyadari bahwa dealer hanya
mempergunakan sistem pemrosesan transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi
yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai
contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap
mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut
sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang
membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil
baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer
tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1. Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan
perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi
informasi di Rizki Mobilku?
2. Apakah saran anda terhadap kasus Rizki
Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?
Jawaban
:
1.
Menurut kami, data mereupakan suatu kumpulan sistim-sistim yang akan diolah
menjadi sebuah atau sekumpulan informasi yang sangat berguna bagi masyarakat
atau pelanggan RizkiMobilku dan yang berkepentingan baik pelanggan maupun
karyawan untuk mendukung kinerja karyawan RizkiMobilku. Dari data yang diolah,
menjadi bentuk informasi yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja para
karyawan RizkiMobilku dan untuk memuaskan para pelanggan yang akan menjadi
calon atau bahkan Inshaallah menjadi pembeli setia RizkiMobilku. Informasi
merupakan, hal yang sudah diproses dari data yang masih mentah dan kemudian
akan berguna bagi pengguna baik karyawan maupun pelanggan RizkiMobilku atau
bahkan berguna juga bagi pemilik RizkiMobilku. Tidak hanya bagi karyawan,
pelanggan, dan/atau pemilik RizkiMobilku, tetapi juga berguna bagi orang-orang
sekitar ataupun masyarakat dan/atau netizen yang mengakses dan/atau mendengar
informasi yang telah disediakan oleh RizkiMobilku, baik dari karyawan atau
pemilik secara langsung.
2.
Dengan memiliki karyawan yang kompetitif dan bersemengat (memiliki niat yang
sungguh-sungguh) untuk bekerja di RizkiMobilku agar perusahaan cepat berkembang
untuk bersaing di dunia perekonomian. Pemilik yang senantiasa memikirkan
karyawannya juga sangat berpengaruh kepada kinerja karyawan untuk memajukan
perusahaan sehingga cepat berkembang dan disukai oleh orang-orang yang akan
berpotensi tinggi menjadi calon pembeli.
Komentar
Posting Komentar